Fluorit, CaF2
Struktur kristal : Isometrik; 4/m. 32/m. Memiliki  tingkat Kekerasan 4, dan berat  jenis : 3,18
Komposisi dan struktur : Fluorit terdiri dari Ca 51.3% dan F 48.7%. memiliki belahan sempurna dan warna mineral ini Sangat bervariasi, dapat tak-berwarna, kuning anggur, hijau, biru kehijauan, biru lembayung, putih, abu-abu, biru-langit, hitam keniruan, atau coklat.

Genesis : Terbentuk melalui proses hidrotermal, dan dijumpai dalam urat-urat, baik sebagi mineral utama maupun sebagai mineral geng bersama mineral-mineral bijih metalik, khususnya timbal dan perak. Umumnya dalam dolomit dan batugamping dan dapat pula terbentuk pada lingkungan batuan beku dan pegmatit. Berasosiasi dengan beberapa mineral, antara lain kalsit, dolomit, gipsum, selestit, barit, kuarsa, galena, sfalerit, kasiterit, topas, turmalin, dan apatit.

Keterdapatan: Flourit bisa didapatkan di Inggris tepatnya di Cumberland, Derbhyshire dan Durham.  Produksi komersial skala besar berasla dari Amerika Serikat, Spanyol, Thailand, China,  Italia dan Prancis.

Manfaat : Dipakai dalam industri kimia, peleburan besi baja, gelas, Kaca-serat ( fiberglass ) dan tembikar.

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik tentunya meninggalkan jejaknya, berikan masukan saran, atau sebuah komentar tentang artikel yang saya posting ini.. 1 komentar kamu, sangat saya apresiasikan.. thank you ;)

Pengikut