Magnetite Fe3O4
Sistem kristal Isometrik 4/m 32/m,  lebih sering dijumpai dalam bentuk kristal oktahedral, jarang dijumpai dalam bentuk dodekahedral. Berwarna hitam, abu-abu dengan warna kecoklatan di bawah sinar matahari tercermin.

Komposisi dan struktur, terdiri dari Fe 72,4 % dan O 27,6 %. Komposisi magnetik kebanyakan terdiri dari Fe3O4. Bagaimanapun, beberapa analisis menunjukkan beberapa persen terdiri dari Mg dan Mn2+ yang tergantikan dari Fe2+ dan AI, Cr, Mn3+ dan Ti4+ tergantikan dari Fe3+
Cadangan mineral terbesar di dunia berada di Swedia utara tepatnya di Kiruna dan Gellivare. Cadangan lainnya juga terdapat di Norwegia, Rumania, dan Rusia. Magnet  alami terbaik dapat ditemukan Penggunungan Harz Siberia di dataran Elba.
Formasi besi dari jaman Prakambrium mempunyai cadangan sekitar 25% kandungan magnetik yang ada di dunia. Saat ini, sumber bijih besi terbesar berasal dari Amerika Serikat.

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik tentunya meninggalkan jejaknya, berikan masukan saran, atau sebuah komentar tentang artikel yang saya posting ini.. 1 komentar kamu, sangat saya apresiasikan.. thank you ;)

Pengikut