Perencanaan ( planning ) adalah penentuan persyaratan dalam mencapai sasaran,kegiatan serta urutan teknik pelaksanaan berbagai macam kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran yang diinginkan. Oleh sebab itu perencanaan merupakan gagasan pada saat awal kegiatan untuk menetapkan apa dan mengapa harus dikerjakan, oleh siapa, kapan, di mana dan bagaimana melaksanakannya. Perencanaan tambang dapat mencakup kegiatan – kegiatan prospeksi, eksplorasi, studi kelayakan yang dilengkapi dengan analisa mengenai dampak lingkungan, persiapan penambangan dan kontruksi prasarana serta sarana penambangan, kesehatan dan keselamatan kerja, pengolahan dan pemantauan lingkungan hidup. Pada dasarnya perencanaan dibagi atas 2 bagian utama, yaitu:
1.    Perencanaan strategis yang mengacu kepada sasaran secara menyeluruh, strategi pencapaiannya serta penentuan cara, waktu, dan biaya.
2.   Perencanaan operasional, menyangkut teknik pengerjaan dan penggunaan sumber daya untuk mencapai sasaran.
Dari dasar perencanaan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa suatu perencanaan akan berjalan dengan menggunakan dua pertimbangan yaitu pertimbangan ekonomis dan pertimbangan teknis. Untuk merealisasikan perencanaan tersebut dibutuhkan suatu program-program kegiatan yang sistematis berupa rancangan kegiatan yang dalam perencanaan penambangan disebut rancangan teknis penambangan
Rancangan teknis ini sangat dibutuhkan karena merupakan landasan dasar atau konsep dasar dalam pembukaan suatu tambang khususnya tambang bijih nikel.
Rancangan ( desing ) adalah dan penentuan persyaratan, spesifikasi dan kriteria teknik yang rinci dan pasti untuk mencapai tujuan dan sasaran kegiatan serta urutan teknis pelaksanaannya. Di industri Pertambangan juga dikenal rancangan tambang yang mencakup pula kegiatan-kegiatan seperti yang ada pada perencanaan tambang, tetapi semua data dan informasinya sudah rinci.
Pada umumnya ada dua tingkat rancangan, yaitu :
  • Rancangan konsep yaitu suatu rancangan awal atau titik tolak rancangan yang dbuat atas dasar analisis dan perhitungan secara garis besar dan baru dipandang dari beberapa segi yang terpenting, kemdian akan dikembangkan agar sesuai dengan keadaan nyata dilapangan.
  • Rancangan rekayasa adalah suatu rancangan lanjutan dari rancangan konsep yang disusun dengan rinci dan lengkap berdasarkan data dan informai hasil penelitian laboratoria serta literatur dilengkapi dengan hasil-hasil pemeriksaan keadaan lapangan.

Rancangan konsep pada umumnya digunakan untuk perhitungan teknis dan penentuan urutan kegiatan sampai tahap studi kelayakan, sedangkan rancangan rekayasa dipakai sebagai dasar acuan atau pegangan dari pelaksanaan. ( Pengantar Perencanan Tambang, Prof. Partanto Prodjosumarto,1999)

Masih Berlanjut....

  • Perhitungan Cadangan Bijih
  • Pertimbangan Dasar Perencanaan Tambang
  • Dasar Pemilihan Sistem Penambangan
  • Rancangan Teknis Penambangan


Next
This is the most recent post.
Posting Lama

1 komentar:

Pembaca yang baik tentunya meninggalkan jejaknya, berikan masukan saran, atau sebuah komentar tentang artikel yang saya posting ini.. 1 komentar kamu, sangat saya apresiasikan.. thank you ;)

Pengikut